Iklan

OPPO A9 (2020) Unboxing dan Review

Dipersenjatai dengan fitur-fitur yang lebih baik dan harga yang lebih mahal, jajaran seri A terbaru dari OPPO telah bergerak ke wilayah mid-range, menggantikan seri-F yang saat ini bernama MIA. A9 (2020) baru yang disegarkan menggunakan kamera resolusi tinggi, baterai besar, dan eksterior yang tampan dan siap bertempur dengan banyak ponsel kelas menengah lainnya dalam kisaran harga yang sama.

Tetapi apakah ponsel terbaru OPPO cukup baik untuk melawan yang terbaik?


Kemasan dan isinya

Di dalam kotak putih A9 (2020), Anda memiliki barang-barang biasa: telepon itu sendiri, jelly case transparan, alat ejektor SIM, charger 10w, kabel USB-C, dan headset.

Seri A paling premium hingga saat ini

A9 (2020) adalah ponsel seri A tercantik dan paling premium hingga saat ini, meminjam elemen desain dari OPPO F11 , termasuk modul kamera yang ditempatkan di tengah, logo OPPO yang dirubah di tengah bawah, dan sidik jari berbentuk lonjong. pemindai tepat di bawah modul kamera.

Modul kamera adalah rumah bagi kamera utama A9 (2020) beresolusi tinggi 48 megapiksel, kamera sudut ultra lebar 8 megapiksel, dan kamera potret 2 megapiksel, sedangkan kamera mono 2 megapiksel ditempatkan tepat di bawah. lampu kilat LED.

Karena A9 (2020) memiliki tonjolan kamera yang besar, kami menyarankan Anda untuk menggunakan casing bening yang disediakan untuk melindunginya dari benturan dan goresan yang tidak disengaja yang berasal dari meletakkan ponsel di permukaan yang kasar. OPPO telah mengubah penyelesaian gradien pada A9 (2020) untuk memasukkan efek holografik halus dalam upaya untuk membuat ponsel muncul dari sisa kompetisi. Unit ulasan Marine Green yang dipinjamkan kepada kami memiliki perubahan warna yang halus dari hitam (di tengah) menjadi hijau (ke arah tepi) tergantung pada bagaimana cahaya menyentuh permukaannya.

Lekukan A9 (2020) mengingatkan pada R17 Pro dan membantu menangani ponsel yang agak besar dan tebal ini. Tata letak port mirip dengan pendahulunya, meskipun A9 (2020) akhirnya membuang MicroUSB untuk USB-C — akhirnya, OPPO membawa port modern ini ke lini yang lebih terjangkau.

Resolusi layar yang mengecewakan, tetapi speaker stereo itu KERAS

Sementara A9 (2020) hadir dengan layar 6,5 inci yang murah hati, kami kecewa karena satu-satunya resolusi HD +. Resolusi telepon adalah batu sandungan utama bagi orang yang ingin membeli telepon, karena telepon lain dalam kisaran harga (kadang-kadang bahkan lebih murah) menggunakan panel Full HD +. Sisi baiknya, warna terlihat lebih cerah dibandingkan model seri-A sebelumnya, dan sudut pandang yang luas secara keseluruhan.

Sedangkan untuk speaker, speaker stereo A9 (2020) sangat keras, memberi Anda audio yang jernih bahkan pada volume 80%. Dolby Atmos diaktifkan secara default dan membantu Anda menyesuaikan audio jika Anda menggunakan sepasang kaleng berkabel.

Internal dapat menangani sebagian besar tugas sehari-hari

Mendukung A9 (2020) adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 665 berbasis 11nm yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Ini adalah pertama kalinya ponsel seri A mendapatkan prosesor seri Snapdragon 600, dan bantuan RAM yang murah hati membantunya menangani sebagian besar tugas tanpa masalah. Jangan tertipu oleh skor AnTuTu-nya; A9 (2020) dapat menangani game paling populer dengan baik. Lihat skor benchmark di bawah ini:

Save for Asphalt 9 — yang masih memiliki masalah dengan ponsel yang ditenagai Snapdragon 665, A9 (2020) dapat menangani judul seperti PUBG Mobile , NBA 2K20 , dan Call of Duty dengan rata-rata setidaknya 25FPS dengan stabilitas minimal 70% di pengaturan grafis tertinggi. Jika Anda ingin bermain NBA 2K20 dan Call of Duty di lebih dari 30FPS, Anda perlu mengurangi pengaturan grafis.

Kamera memberikan performa yang oke tapi performanya lebih baik dalam video

A9 (2020) bergabung dengan hype kamera belakang quad dengan kamera utama 48 megapiksel, kamera sudut ultra lebar 8 megapiksel, kamera potret 2 megapiksel, dan kamera mono 2 megapiksel. Kamera utama 48 megapiksel dan kamera sudut ultra lebar 8 megapiksel menghasilkan foto yang bagus, dengan rentang dinamis dan detail gambar yang layak.

Meski memiliki kamera utama 48 megapiksel, fitur zoom digital A9 (2020) kesulitan bahkan pada 2x. Pada pengujian kami, foto yang diambil dengan zoom digital 2x memiliki pengurangan detail yang signifikan dan mendorongnya ke hasil zoom 5x dalam gambar kotor yang hampir tidak dapat digunakan.

Warna Dazzle OPPO menambahkan sembulan warna pada gambar, dan bekerja dengan baik tanpa terlalu banyak saturasi pada foto.

Lensa potret khusus A9 (2020) membantu dalam menghasilkan bidikan bokeh yang bersih, meskipun mode Potret dapat menjadi masalah untung-untungan saat berhubungan dengan deteksi tepi.

Mode Malam OPPO sendiri berfungsi untuk kamera utama 48 megapiksel dan kamera sudut ultra lebar 8 megapiksel. Dibandingkan dengan ponsel lain dalam kisaran harganya, mode Malam ultra-wide-angle A9 (2020) adalah salah satu implementasi yang lebih baik di luar sana.

Sedangkan untuk kamera depan, kakap 16 megapiksel A9 (2020) menghasilkan selfie yang bagus, dan algoritma pemrosesan gambar baru OPPO jauh lebih baik dibandingkan dengan ponsel seri A sebelumnya.

Sementara kinerja foto A9 (2020) baik-baik saja, ponsel ini bersinar dalam hal video. Selain dapat merekam video 4K pada 30FPS, EIS bekerja bahkan pada resolusi tertinggi dan Anda memiliki opsi untuk memperbesar subjek saat merekam — implementasinya mungkin tidak mulus, tetapi ini adalah fitur yang berguna terutama jika Anda tidak bisa mendekati subjek Anda secara fisik. Lihat contoh video di bawah ini:

Masa pakai baterai monster

Dengan baterai 5000mAh yang sangat besar dan prosesor Snapdragon 665 yang hemat daya, A9 (2020) memberi kami skor gila-gilaan 20 setengah jam pada tes baterai PCMark. Kami tercengang dengan hasilnya, karena ini adalah skor daya tahan baterai tertinggi yang kami peroleh di ponsel cerdas mana pun hingga saat ini.

Pada penggunaan kehidupan nyata, kami berhasil menggunakan A9 (2020) untuk mendekati dua hari sebelum membuatnya lebih baik — dan itu meskipun sering menggunakan telepon untuk memainkan beberapa pertandingan Call of Duty selama waktu henti kami.

Sementara A9 (2020) tidak datang dengan pengisian cepat (Anda hanya mendapatkan pengisian 10w dengannya), Anda dapat menggunakan telepon untuk mengisi daya perangkat lain berkat fitur pengisian kabel terbalik telepon. Mengisi ulang A9 (2020) membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari nol hingga 100%.

Alternatif yang layak untuk apa yang ada di luar sana, tetapi hanya jika Anda mengabaikan layar

Selain resolusi layar yang mengecewakan, A9 (2020) adalah ponsel yang layak jika Anda mengonsumsi dan menghasilkan banyak konten. Algoritme kamera OPPO dioptimalkan dengan baik untuk video, meskipun kami berharap mereka memperbarui perangkat lunak kamera untuk meningkatkan zoom digital A9 (2020) untuk foto. Sementara prosesor Snapdragon 665 bukan pilihan SoC terbaik untuk kisaran harganya, A9 (2020) menonjol karena speaker stereo yang keras dan masa pakai baterai yang gila, menjadikannya smartphone yang ideal untuk menonton film secara berlebihan saat dalam perjalanan.

Spesifikasi OPPO A9 (2020)

Prosesor Qualcomm Snapdragon 665
Adreno 610 GPU
RAM 8 GB
Layar HD + 6,5 inci dengan takik tetesan air, perlindungan Corning Gorilla Glass 3
128 GB penyimpanan yang dapat ditambah
Kamera utama 48 megapiksel f / 1.7, kamera sudut ultra lebar 8 megapiksel f / 2.2, kamera potret 2 megapiksel f / 2.4, kamera mono 2 megapiksel f / 2.4; dengan PDAF, EIS, LED Flash
Kamera depan 16 megapiksel f / 2.0
3G, LTE
SIM Ganda
WiFi, Bluetooth 5.0, GPS, A-GPS,
Pemindai sidik jari, USB Type-C, Speaker stereo, Dolby Atmos
Baterai 5000mAh dengan pengisian terbalik
Android 9.0, ColorOS 6

0 Response to "OPPO A9 (2020) Unboxing dan Review"